Home > Genetika > Lembaga Biologi Molekular Eijkman

Lembaga Biologi Molekular Eijkman

Eijkman Institute

Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman, mungkin nama ini kurang dikenal oleh orang awam, tapi bagi orang yang telah berkecimpung di dunia biologi molekular dapat dikatakan kuper jika tidak tahu apa itu lembaga Eijkman. LBM Eijkman merupakan salah satu lembaga penelitian tertua di Indonesia. Keberadaan Eijkman tidak hanya kaya akan ilmu pengetahuan, tetapi juga sejarah yang membanggakan. Itu semua bermula dari seorang ilmuwan kompeni bernama Cristiaan Eijkman yang mendirikan suatu lembaga penelitian di daerah Salemba, Jakarta Pusat, sekitar tahun 1988. Di antara sekian banyak penelitian yang dilakukan di Eijkman pada saat itu, mungkin yang paling terkenal ialah penelitan mengenai asosiasi antara vitamin B dengan penyakit beri-beri. Penelitian tersebut tidak hanya merupakan penelitian pertama mengenai vitamin, namun juga mengantarkan Cristiaan Eijkman menjadi penerima nobel.

LBM Eijkman sempat ditutup oleh pemerintah sekitar tahun 1950an ketika animo anti-belanda sedang pada puncaknya. LBM Eijkman pun dimerger dengan RS  Cipto Mangunkusumo yang berada di dekatnya. Namun, pada tahun 1992, B.J. Habibie berinisiatif untuk membuka kembali dan memercayakan Prof. Sangkot Marzuki sebagai direktur utama. Keberhasilan tim forensik LBM Eijkman, dipimpin oleh Prof. Herawati Sudoyo, dalam mengungkap pelaku insiden bom di kedutaan besar Australia pada tahun 2004 kembali mengharumkan nama LBM Eijkman.

Kini LBM Eijkman berfokus pada penelitian-penelitian dasar mengenai penyakit tropis, seperti malaria, dan penyakit genetis, seperti thallasemia. Pada tahun 2008, Eijkman berkerja sama dengan Oxford University mendirikan suatu divisi yang diberi nama Eijkman-Oxford Clinical Research Unit atau disingkat EOCRU. LBM Eijkman juga bekerja sama dengan beberapa NGO seperti World Wildlife Fund (WWF), World Conservation Society (WCS), dan Frankfurt Zoological Society (FZS) dalam usaha konservasi hewan-hewan langka.

Categories: Genetika
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: