Home > Biologi Tumbuhan > Mekanisme Kerja Stomata

Mekanisme Kerja Stomata

Mungkin diantara banyak sifat daun, mungkin stomata-lah yang amat menarik minat para peneliti. Seperti yang telah diketahui, stomata merupakan bagian yang berperan sebagai ‘ventilasi’ dari daun. Stomata sendiri merujuk pada sebuah bukaan pada jaringan epidermis daun yang dibentuk oleh beberapa sel epidermis yang termodifikasi. Stomata bekerja berdasarkan rangsangan yang ada di lingkungan, yaitu kelembaban, suhu, dan cahaya.

Stomata dapat membuka dan menutup. Kemampuan membuka dan menutup diatur oleh sel penjaga, lihat gambar. Apabila tanaman mengalami kekurangan air, maka sel penjaga akan menutup stomata untuk mengurangi penguapan. Hal sebaliknya terjadi jika tanaman memiliki kandungan air cukup. Stomata bukanlah sebuah pompa yang dapat mengeluarkan uap air dari dalam daun ke lingkungan, stomata hanyalah sebuah lubang, yang jika terbuka uap air akan mengalir keluar karena perbedaan gradien konsentrasi (difusi).

Struktur menggambarkan fungsi, kalimat tersebut berlaku juga pada mekanisme kerja stomata. Jika ingin memahami mekanisme tersebut, kita mesti mengetahui gaya yang bekerja pada sel penjaga.

secara garis besar mekanisme kerja stomata bergantung pada tekanan air pada sel penjaga. Sel penjaga dilengkapi dengan mikrofibril yang membantu penggembungan dan pengempisan sel tersebut. Keadaan tumbuhan yang cukup air menyebabkan sel penjaga menggembung sehingga stomata akan terbuka. Namun apabila tumbuhan mengalami dehidrasi, air dalam sel penjaga akan keluar membuat sel penjaga mengempis dan menutup bukaan stomata.

Pertanyaan yang muncul berikutnya ialah bagaimana meregulasi tekanan air dalam sel penjaga. Konsentrasi air yang dibatasi oleh selaput semi-permeabel, dalam hal ini membran sel, diatur oleh tekanan osmotik. Semakin tinggi konsentrasi zat terlarut dalam larutan maka tekanan osmotik larutan tersebut semakin rendah terhadap air murni. Untuk lebih jelas mengenai tekanan osmotik klik disini. Sehingga dapat dideduksikan bahwa kemampuan membuka dan menutupnya stomata secara langsung berhubungan dengan kemampuan sel penjaga untuk meregulasi zat terlarut dalam sitoplasmanya.

Sejak tahun 1960an hingga sekarang, ditemukan bahwa unsur-unsur yang berperan sebagai zat terlarut dalam sel penjaga ialah Kalium, Klor, dan Malat. Sel penjaga memasukkan ion kalium dan klor serta menghasilkan ion malat untuk menurunkan tekanan osmotik dalam sel sehingga air dari luar sel akan berdifusi ke dalam sel, membuat sel menjadi menggelembung. Fase pertama dari pebukaan sel stomata ialah pengaktifan pompa proton untuk memompa ion hidrogen keluar sel. Perubahan muatan akibat pompa proton tersebut membuka kanal ion K+ dan Cl- sehingga ion-ion dari luar sel masuk ke dalam sel. Perubahan pH akibat penurunan ion H+ harus diminimalisir, sehingga sel memecah cadangan pati menjadi malat dan ion H+. Jika dilihat hasil akhirnya, di dalam sel akan terakumulasi begitu banyak zat terlarut, sehingga air akan terdifusi dari luar sel. Sel penjaga membengkak dan terbukalah stomata.

Sumber

Hopkins. W.G. & N.P.A. Huner. 2009. Introduction of Plant Physiology. 4th ed. London: John Wiley & Sons Inc.

  1. fadli
    September 15, 2011 at 9:59 pm

    bagaimana cara kerja stomata yang tertutup & terbuka yg lebih ringkas..??

  2. namey
    October 23, 2011 at 6:02 pm

    bingung ni mau nulis yang mana… -__-
    lebih ringkasnya gimana yaa?

  3. nonie
    March 7, 2012 at 7:15 pm

    yang ringkasnya aja dong .. bingung nulisnya smpai mnaa..

    • Chelonita Keynes
      March 23, 2012 at 11:23 am

      😀

  4. Chelonita Keynes
    March 23, 2012 at 11:22 am

    sipp , aku sukaa😛

  5. Clarissa
    November 28, 2012 at 8:03 pm

    Masih Bingung…!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: