Home > Kesehatan > Tips Mengatasi Insomnia

Tips Mengatasi Insomnia


Tahukah anda bahwa sepertiga sampai seperempat hidup manusia digunakan untuk tidur? Jika umur anda sekarang adalah 30 tahun maka anda menghabiskan 7.5 tahun untuk tidur. Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting bagi manusia karena saat tidur tubuh mengistirahatkan organ-organnya dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Saat tidur asam laktat yang merupakan penyebab rasa lelah juga dinetralisir sehingga anda akan merasa segar setelah bangun tidur.
Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan tidur selama hidupnya. Kasus ini disebut insomnia. Ada tiga macam jenis insomnia : sulit tidur, terbangun tiba-tiba ditengah malam, bangun lebih awal dari biasanya. Beberapa penyebab insomnia adalah gangguan fisik, gangguan psikologis, gangguan lingkungan dan konsumsi obat serta alkohol.
Namun, insomnia bisa diatasi dengan menerapkan kebiasaan dibawah ini:
– Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol serta kafein dari sore hingga menjelang tidur. Zat-zat tersebut bisa merangsang saraf untuk terus aktif.
– Hindari kegiatan-kegiatan yang tak ada hubungannya di atas tempat tidur. Hal ini untuk membiasakan tubuh anda agar mengantuk ketika berada di atas ranjang.
– Tidur dan bangun di waktu yang teratur.
– Mandi air hangat.
– Menghitung domba.
– Minum susu hangat, karena susu hangat dapat merilekskan otak.
– Makan bahan makanan yang mengandung zat sedatif seperti kangkung.
– Menggerak-gerakkan jari kaki.
– Mengelus perut.
– Menarik napas dalam.
– Berdo’a dan berdzikir.
Selamat tidur…

Daftar Pustaka
7 Intisari Kesehatan The Miracle of Enzyme karangan Prof.Dr.Hiromi Sinya,editor Latifa, Tim DAFA Publishing

Sumber Gambar

  1. semuel
    February 15, 2010 at 6:05 pm

    Poin menghitung domba perlu diralat karena berdasarkan penelitian terakhir mitos menghitung domba pada saat tidur membuat otak kita lebih lama untuk “shut-down” dan mengakibatkan susah tidur!
    Cara yang lebih efektif adalah mendengarkan lagu instrumental klasik!

  2. ririn
    March 31, 2010 at 4:02 pm

    Eh klo tips supaya insomnia gmana? hahahaha. koq w ngantuk mlu y

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: